Di Era ini, kebutuhan masyarakat perkotaan akan mobil pribadi terus meningkat. 

Untuk itu menjaga kondisi mobil supaya selalu prima merupakan sebuah keharusan. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh adanya masalah pada kendaraan itu sendiri.

Oleh sebab itu pemilik kendaraan sudah seharusnya mengetahui dan paham dengan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan bila sewaktu-waktu mobil menghadapi kondisi yang darurat saat berkendara.

Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh disepelekan oleh setiap pengguna kendaraan roda empat :

Setiap menerima mobil yang baru dibeli, Anda pasti juga mendapatkan buku manual. Buku manual biasanya berisi informasi tentang spesifikasi dan tips-tips yang berkaitan dengan pemeliharaan kendaraaan.

Buku ini juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah agar pemilik lebih mengenal kendaraan mereka sendiri, Selain itu buku manual juga berguna saat mobil mengalami masalah. Dengan petunjuk yang tertulis dalam buku, pemilik bisa melakukan identifikasi awal yang dapat dilakukan atau bahkan memperbaiki sendiri mobil yang rusak.

Namun sayangnya banyak pemilik mobil yang menganggap enteng dan acuh dengan buku manual karena merasa sudah cukup memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan tentang kendaraan. Padahal buku manual sangat diperlukan, karena mungkin ada hal yang belum dipahami.

Kebanyakan konsumen malas membaca buku manual ini bisa jadi karena gengsi, takut di ejek seperti baru belajar mengemudi mobil oleh teman atau saudaranya. Yang perlu anda ketahui bahwasanya setiap mobil itu memiliki spesifikasi dan karakter yang berbeda, dengan adanya buku tersebut di harapkan konsumen dapat mengetahui fungsi untuk setiap fitur yang terdapat di dalam mobilnya.

Selain buku manual, ban cadangan juga merupakan hal yang tidak boleh disepelekan. Ban yang biasa diletakkan di belakang atau di kabin mobil ini biasanya dipakai saat ban utama mengalami kebocoran atau kempes.

Sayangnya keadaan ban cadangan selalu disepelekan dan dipasang dalam keadaan seadanya. Untuk itu sangat disarankan untuk rutin mengecek kondisi ban dan membawa serta perlatan pendukung untuk memasang ban, seperti dongkrak dan perkakas.

Namun saat ini banyak produsen mobil yang sedikit mengurangi volume ban serep. Tujuannya adalah untuk menghemat ruangan dalam mobil dan muatan yang ada di dalam mobil sehingga hal tersebut tidak akan menghambat kinerja mesin mobil dan juga dapat lebih menghemat biaya produksi. Jika anda kurang nyaman dengan penggunaan ban serep yang menurut anda terlalu kecil, anda dapat gunakan ban tersebut dalam keadaan darurat, dan dapat menggantinya jika sudah menemukan bengkel.

Tak hanya itu, dengan melakukan servis mobil secara rutin termasuk hal yang tidak boleh di sepelekan. Karena dengan kita selalu melakukan servis secara rutin maka kendaraan kita akan selalu dalam keadaan prima dan tentunya kita bisa lebih menghemat biaya, karena jika kita melakukan servis pada saat mobil dalam keadaan rusak maka biaya yang kita keluarkan juga tentunya lebih besar lagi. Selain itu, jika sejarah servis kita rutin, maka itu juga akan menambah nilai plus pada saat kita akan menjual mobil tersebut nantinya karena sang pembeli tidak akan merasa khawatir dengan kondisi mobil tersebut.