Jenis-dan-cara-Merawat-Jok-Kulit-Mobil

Jok merupakan komponen utama interior mobil. Sarung jok mobil menjadi kebutuhan utama bagi pemilik mobil baru. Selain kaca film dan karet dasar, sarung jok juga menjadi daya tarik orang yang akan memilih mobil mana yang akan jadi tunggangannya.  Ada berbagai jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan sarung jok. Apa saja jenisnya, berikut uraiannya :

1. Jok bahan Nylon

Biasanya jok bahan mobil ini terdiri dari dua jenis yaitu nilon maupun polister. Jenis bahan ini seperti kain atau dikenal dengan bahan berjenis fabric. Tapi tidak bisa dipungkiri bahan fabric memiliki perawatan yang sedikit lebih rumit, apalagi untuk beberapa masalah seperti debu yang mengendap serta saat terkena cairan.

Apalagi jenis ini memiliki daya serap yang cukup tinggi. Jika terkena noda segeralah ambil kain kering untuk menyerap dan diusapkan pada bagian tersebut agar noda hilang. Sedot kotoran dengan vakum, lalu semprotkan cairan pembersih dan diamkan selama 1-2 menit. Lakukan usapan dengan lap kering agar nodanya hilang.

Tapi kalau noda lebih banyak pakai sikat. Setelah itu, diseka pakai kain lap bersih agar kotoran yang sudah terangkat oleh sikat menempel pada lap. Jika nodanya susah hilang, saat menyeka pakai kain sambil ditekan berulang-ulang.

2. Jok Berbahan Polyster

Polyester merupakan salah satu bahan cover seat yang paling terjangkau dan berkualitas cukup bagus. Cover seat bahan ini di samping harga yg terjangkau dan di pakainya pun nyaman seperti jok kulit . Polyester juga mudah dibersihkan menggunakan air bersabun karena bahannya cepat kering. Kamu juga bisa menggunakan vakum untuk membersihkan cover seat bahan polyester ini.

3. Jok Bahan Vinil

Jok berbahan vinil adalah jenis yang paling mudah dibersihkan, karena tumpahan dan kotoran biasanya akan luntur sendiri. Jika jok kotor kamu hanya perlu menyemprotkan pembersih kaca serba guna pada dudukan jok lalu lap dengan kain lembut, noda dan bau membandel akan langsung hilang.

4. Jok Kulit Imitasi Atau Semi Sintetis

Bahan-bahan kulit sintetis memang diciptakan hampir sama persis dengan bahan kulit asli dari segi tekstur. Jenis jok ini perawatannya paling mudah. Kulit Semi Sintetis tidak gampang kotor bila terkena air tidak akan menyerap jadi tidak akan merusak lapisan tekstur semi kulit sintetis.

5. Jok Kulit Asli

Pelapis jok dengan menggunakan bahan kulit kini banyak peminatnya. Selain mempunyai kualitas bagus dan stylish memakai kulit jok juga terlihat bertambah elegan serta mempunyai ketahanan umur yang cukup bagus. Hanya saja masih banyak pemilik yang salah dalam melakukan perawatan sehingga terkadang membuat tampilannya menjadi jelek dan bahkan warnanya pun semakin pudar. Maklum bahan kulit asil memang tidak boleh sembarangan dalam perawatannya dan bahkan lebih sulit.

Saat membersihkan jok berbahan kulit menggunakan sabun, sabun tersebut hanya dibalutkan kepada busa, kemudian digosok secara berulang sampai kotorannya hilang. Jika menggunakan sikat gigi, harus yang bekas atau dengan bulu super halus supaya tidak merusak permukaan kulit.

Perawatannya sendiri cukup dua minggu atau sebulan sekali. Tetapi kalau dibersihkan, lakukan ketika kondisinya kotor saja. Jangan sering dibersihkan karena bisa juga merusak atau membuat warna kulit tersebut tidak seperti aslinya.